Flip book element

MAJALAH MANAJEMEN ED JUNI 2020

Rp100.000,00

Deskripsi

Isu pentingnya etika bisnis semakin santer dalam satu dasawarsa terakhir. Skandal Enron, tahun 2001, yang membawa pada kebangkrutan perusahaan tersebut,

tentu tidak bisa dihapus dari ingatan kita. Namun, tiga tahun terakhir kita menemukan lumayan banyak pelanggaran etika oleh perusahaan atau pimpinan perusahaan.

Pada 2018, Chistoper Wylie, melalui The Guardian dan The New York Times, untuk pertama kalinya menyampaikan ke publik bahwa Cambridge Analytica

telah menambang data pengguna Facebook secara ilegal untuk kepentingan pemilihan presiden AS, dan ternyata juga, untuk Brexit.

Pada tahun 2019, kita menemukan Carlos Ghosn, sang penyelamat Nissan Motor Company yang legendaris itu, tersandung praktik menguntungkan diri sendiri melalui

pengaturan paket remunerasi. Di Indonesia, tentu kita masih ingat skandal laporan keuangan tahunan Garuda Indonesia, dan penyelundupan sepeda Brompton.

Untuk itulah wajar kalau kita melihat dan memikirkan kembali mengenai praktik etika bisnis. Melalui artikel “Ada Masalah Apa dengan Etika Bisnis?,

redaksi majalah Manajemen mengantarkan kajian Andrew Stark, mengenai penyebab banyaknya pimpinan perusahaan melanggar etika bisnis. Menurut Stark,

pelanggaran terjadi bukan karena para manajer tidak ingin berlaku etis, tetapi pedoman etika bisnis yang dikembangkan di dunia akademik sangat jauh dari kenyataan di lapangan.

Dalam edisi kali ini, kami juga memberi jawaban mengapa orang yang baik melanggar etika. Dalam artikel “Mengapa Orang Etis Memilih Tidak Etis?”

ditunjukkan bahwa tekanan dan sistem dalam suatu organisasi dapat membuat orang baik menjadi tidak baik. Tentu, dalam edisi kali ini kami juga menyajikan metode

yang ditawarkan para ahli untuk membangun etika bisnis di perusahaan, seperti artikel “Mencegah Skandal Melalui Ilmu Perilaku

Pembaca bisa menggali lebih banyak lagi manfaat cara menjalankan bisnis yang etis melalui rubrik tetap kami, seperti rubrik Dewan

Komisaris sebagai Penegak Etika dalam Organisasi”, rubrik Kolom: “Pertimbangan Etika di Era Big Data”. Jangan lupa ikuti penuturan dua whistleblower

yang membongkar skandal Cambridge Analytica dalam rubrik Ringkasan Buku.

Category:
Read more

Narasi Pembudaya Etika Organisasi

Rp300.000,00

Deskripsi

Etika, secara umum adalah nilai yang memanusiakan manusia. Menurut Driyarkara, filsuf Indonesia, etika diartikan sebagai nilai yang memaripurnakan manusia sehingga dipandang sebagai nilai yang paling luhur.

Pengamalan etika bisnis bisa diamati dari upaya perusahaan menunjukkan prinsip-prinsip kebenaran, kejujuran, keadilan, dan kepedulian terhadap sesama secara konkret.  Apakah perusahaan selalu berpegang pada kebenaran? Apakah perusahaan mengizinkan penipuan terhadap rekan bisnis? Memberlakukan pengupahan yang adil antara karyawan laki-laki dengan karyawan perempuan? Atau memandang karyawan sebagai objek?

Dilatarbelakangi oleh lika-liku mengamalkan etika bisnis, PPM Manajemen melalui Pusat Etika Bisnis dan Budaya Organisasi Soedarpo Sastrosatomo (PEBOSS) berkolaborasi dengan berbagai tokoh pengamalan etika, baik di perusahaan maupun di lembaga pemerintahan, menggagas menulis buku NARASI PEMBUDAYA ETIKA ORGANISASI.

Buku ini bukan sekedar dokumentasi kisah para tokoh penulis, namun juga dapat menjadi inspirasi bagi para praktisi bisnis dalam menjalankan organisasinya.

 

Category:
Read more

Business Model You Edisi Bahasa Indonesia

Rp200.000,00 Rp150.000,00

“Metode satu halaman untuk menemukan kembali karier anda”

Memimpikan karier atau garis kehidupan baru?

Kita semua memimpikannya. Tetapi kebanyakan dari kita tidak memiliki cara terstruktur untuk memperbarui diri. Pendekatan model bisni akan membantu kita mengubah kehidupan profesional dan pribadi menjadi lebih menantang.

Gantikan ketidakmenentuan karier dengan keyakinan karier dengan keyakinan karier dengan menggunakan cetak biru satu-halaman yang telah membantu ribuan profesional di seluruh dunia. Inilah cara sistematis untuk mengoptimalkan model bisnis siapapun: business model you.

Business Model You adalah jalur cepat untuk mendapatkan strktur, makna, dan tujuan karier Anda.”
Phillip Gallingan
Penasihat Bisnis Irlandia

“Model bisnis pribadi adalah alat yang inovatif dan ampuh secara visual untuk menilai siapa Anda dan apa yang dapat Anda lakukan”
James C. Wylie
Coach Kehidupan Bisnis, Amerika

“Perusahaan yang berhasil telah melakukannya berulang kali, mengapa Anda tidak mencobanya?
Ralf Mayer
Investor dan Konsultan, Jerman

“Buku asyik yang praktis dan menginspirasi untuk mendesain kehidupan menjadi penuh makna dengan mengubah fokus dari menguasai keterampilan ke menciptakan nilai untuk orang lain”
Gery Percy
Direktur Pemasaran, Australia

Read more

MAJALAH MANAJEMEN EDISI JANUARI 2016

Rp30.000,00

Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.

Category:
Read more

Majalah Manajemen Edisi Juni 2019

Rp75.000,00

Majalah Manajemen Edisi Juni 2019

Fungsi pemasaran sudah lama memanfaatkan data dan analisis, terutama untuk memprediksi penjualan, menetapkan harga,dan menghitung sediaan. Pemanfaatan data kemudian berkembang dalam bentuk belanja iklan dan promosi. Bersamaan dengan berkembangnya teknologi big data dan artificial intelligence, fungsi pemasaran memanfaatkannya juga untuk membangun loyalitas pelanggan melalui pelayanan dan penciptaan pengalaman.

Salah satu kesulitan analytics dalam pemasaran adalah menciptakan pesonalisasi, baik dalam hal produk/jasanya maupun dalam iklan/promosi dan pelayanannya. Manajemen hadir dalam topik marketing analytics dengan pembahasan yang lengkap. Pertama, Widyarso Roswinanto menyampaikan posisi marketing analytics dalam fungsi pemasaran secara umum. Selanjutnya, kami menyajikan bagaimana memanfaatkan marketing analytics untuk mencapai tujuan branding jangka panjang dengan tetap mengejar tujuan penjualan jangka pendek.

Kami juga membahas aspek teknis, berupa penggunaan analytics untuk penetapan harga. Namun, mungkin, yang paling menarik adalah kisah Stitch Fix, peritel pakaian yang menggabung penggunaan data science dengan stylist manusia untuk memberikan penawaran personal bagi pelanggannya. Data science bahkan menjadi basis untuk menciptakan model bisnis baru. Di luar topik utama, edisi kali ini kami membawa topik yang istimewa dalam rubrik dewan: Aktivis CEO. Bolehkan seorang CEO terlibat dalam urusan politik dan sosial secara terbuka. Bisakah CEO memimpin aksi massa untuk isu tertentu? Bagaimana dampaknya terhadap perusahaan yang dipimpin? Silakan lihat sepak terjang perilaku para aktivis CEO Amerika pada rubrik dewan. Akhirnya,

Category:
Read more

Capital Budgeting & Fixed Asset Management

Rp200.000,00 Rp150.000,00

Isu capital budgeting sangat penting bagi perusahaan yang sedang memekarkan usahanya. Hal ini terbukti, sebagai instruktur Manajemen keuangan yang mengajar di berbagai group perusahaan, penulis merasakan banyaknya pelatihan capital budgeting   .

Capital budgeting & fixed Asset Management membahas topik-topik berikut ini:

  • Peran Manajer, ROIC dan Pertumbuhan
  • Transaksi Keuangan dan Laporan Keuangan
  • Analisis Investasi – Dasar
  • Analisis Investasi – Lanjutan
  • Faktor Teknologi dan Perilaku dalam Investasi
  • Manajemen Aset Tetap
  • Biaya Modal dan Struktur Modal

Sebagai buku praktis, Capital Budgeting & Fixed Asset Management dirancang untuk memberi penjelasan langsung kepada pembaca dengan banyak contoh. Berbagai macam data pendukung penjelasan juga disajikan di buku ini. Untuk menambah wawasan pembaca, penulis sengaja menambahkan berbagai topik penunjang dalam Bagian Manajemen Aset Tetap, termasuk teknologi dalam analisis investasi. Siapa yang perlu membaca buku ini? Buku ini terutama ditujukan bagi para praktisi Manajemen, namun juga sangat bermanfaat bagi investor maupun akademisi.

Read more

Majalah Manajemen Edisi MEI 2019

Rp75.000,00

Majalah Manajemen Edisi Mei 2019

Sudah lebih dari satu dasawarsa, para profesional SDM berupaya memperkuat kontribusinya bagi kemajuan bisnis organisasi. Upaya ini telah melahirkan konsep human capital, di mana fungsi SDM beralih darisekadar mengelola pekerjaan administratif dengan mengambil peran strategis.
Fungsi SDM menjadi bagian upaya pencapaian sasaran jangka pendek maupun jangka panjang perusahaan.

Tentu, ada konsekuensi dengan perubahan konsep baru ini. Para profesional SDM harus bisa membuktikan kontribusinya terhadap pencapaian sasaran organisasi secara terukur. Sebagai contoh, bagaimana profesional SDM membuktikan program pelatihan karyawan yang dilaksanakannya berpengaruh pada peningkatan kinerja karyawan? Selanjutnya, seberapa besar peningkatan kinerja karyawan berpengaruh terhadap kinerja bisnis? Beruntunglah era digital melahirkan teknologi big data. Big data, melalui people analytics, dapat membantu para profesional SDM membuktikan kontribusi nyata bagi pencapaian sasaran organisasi.

People analytics juga sangat membantu kegiatan operasional fungsi SDM dalam manajemen kinerja, talent management, pengembangan, dan engagement. Dalam perekrutan, misalnya, people analytics dapat membantu mendapatkan kandidat yang tepat. Dalam manajemen kinerja, people analytics dapat membantu melakukan penilaian yang lebih objektif, akurat, dan valid (manajemen kinerja selama ini selalu dicurigai dipengaruhi oleh unsur “suka” dan “tidak suka”). Anda bisa memperoleh pemahaman mengenai people analytics dan pemanfaatannya pada rubrik Fokus Utama edisi kali ini. Anda juga bisa mempelajari cara penerapan people analytics dalam artikel “People Analytics untuk Profesional SDM”. Untuk melengkapinya, kami sajikan pula contoh penerapan people analytics di jaringan perusahaan restoran cepat saji.

Category:
Read more

Majalah Manajemen Edisi April 2019

Rp75.000,00

Majalah Manajemen Edisi April 2019

Untuk memahami karakter Gen Z di Indonesia, Manajemen menghadirkan tulisan Siti Nuraisyah Suwanda berjudul “Mengenal Gen Z Global dan Lokal”. Untuk melengkapinya, dalam rubrik Fokus Utama, kami juga memuat hasil survei McKinsey dalam tulisan “Menyambut Kehadiran Gen Z”. Sedangkan untuk panduan praktisnya, kami hadirkan tulisan mengenai dampak Gen Z terhadap industri busana (fashion).

Sebaiknya pembaca jangan melewatkan tulisan-tulisan pada berbagai rubrik tetap. Pada rubrik kolom, pembaca diajak menyimak kembali karakter Gen Y yang sekarang mulai menguasai dunia kerja dalam tulisan Aries Heru Prasetiyo “Gen Y, Internet, dan Digital Economy”. Pada rubrik Ruang Direksi pembaca dapat menikmati tulisan “Pemimpin Sebagai Arsitek Keputusan”. Bagaimana peran pimpinan untuk mengarahkan agar semua staf dapat membuat keputusan secara lebih baik.

Category:
Read more

Create a Flip Book for any product category. You can also select custom posts.