Cara Pintar Memperkenalkan Diri dalam Forum

Cara Pintar Memperkenalkan Diri dalam Forum

Ternyata, banyak dari kita yang ‘takut’ untuk memperkenalkan diri, baik dalam pertemuan daring atau di meja rapat. Ketika pemimpin pertemuan meminta semua orang untuk memperkenalkan diri secara singkat, jantung Anda berdebar lebih kencang, dan pikiran bekerja keras.

Stres saat akan memperkenalkan diri bukan tanpa alasan: mata dan telinga semua orang tertuju pada Anda. Apa yang harus saya katakan tentang diri saya? Anda takut kehabisan kata-kata, atau sebaliknya: ngelantur. Anda khawatir kata-kata yang keluar menggambarkan kebodohan dan ketidakkompetenan, atau, sebaliknya, melukiskan kesombongan. Karena sibuk dengan pikiran sendiri, Anda tidak sempat mendengar ucapan perkenalan orang lain.

Berikut ini adalah kerangka sedernana yang dapat Anda gunakan untuk memperkenalkan dengan penuh percaya diri. Perkenalkan diri Anda dengan mengikuti urutan berikut: siapa Anda saat ini, siapa Anda sebelumnya, dan apa harapan di masa depan?

Siapa Anda Saat ini

Mulailah perkenalan dengan pernyataan profesi, pekerjaan, dan posisi saat ini. Misalnya:

“Selamat pagi. Nama saya Riska Andayani. Saya adalah teknisi perangkat lunak. Sekarang saya fokus mengembangkan sistem untuk mengoptimalkan pengalaman pelanggan.”

“Selamat siang. Senang bertemu dengan teman-teman semua. Nama saya Michael dan saya direktur kreatif. Saya bekerja di kantor pusat Surabaya.”

Tentu saja, Anda harus memperhitungkan situasi dan audiens. Jika Anda ragu, mulailah dengan nama dan jabatan atau pekerjaan Anda. Jika ada kesempatan untuk menjelaskan, Anda juga dapat berbagi informasi proyek yang sedang dijalankan, keahlian khusus, atau daerah tempat Anda bekerja.

Riwayat Profesional

Bagian kedua dari pengantar Anda adalah latar belakang singkat. Di sinilah Anda dapat menambahkan dua atau tiga poin detail yang relevan tentang latar belakang Anda. Ini juga merupakan kesempatan Anda untuk membangun kredibilitas. Anda bisa menceritakan pendidikan, keahlian, proyek sebelumnya, tempat bekerja sebelumnya, dan pencapaian.

Latar belakang saya adalah ilmu komputer. Sebelum bergabung dengan tim ini, saya mengerjakan big data untuk mengidentifikasi informasi dan wawasan mengenai klien kita di industri perawatan kesehatan.”

“Saya sudah bergabung dengan perusahaan ini selama delapan tahun. Sebelumnya saya bekerja di Alpha Agency. Pada tahun lalu, alhamdulillah divisi kami berhasil membuat iklan yang membuat perusahaan kita mendapat penghargaan The Most Creative Advertisment dari majalah Marketing.”

Harapan Masa Depan

Bagian ketiga dan terakhir dalam kerangka ini berorientasi ke masa depan. Ini merupakan kesempatan Anda untuk menunjukkan antusiasme untuk menyukseskan pekerjaan yang akan ditugaskan. Jika Anda sedang dalam wawancara kerja, Anda dapat berbagi keinginan Anda tentang peluang di perusahaan. Jika Anda sedang rapat, Anda dapat mengungkapkan minat pada topik rapat. Jika Anda memulai proyek dengan tim baru, Anda dapat berbicara tentang betapa bersemangatnya Anda, atau membagikan tujuan Anda untuk proyek tersebut.

“Saya merasa terhormat berada di sini. Proyek ini adalah kesempatan yang luar biasa bagi kita semua.”

“Saya senang bekerja dengan Anda semua untuk menjawab tantangan terbesar klien kita!” Itu saja untuk kerangka pengenalan diri. Sekarang, masa lalu, dan masa depan. Ada sedikit catatan, ketika memperkenalkan masa lalu, sampaikan hanya yang relevan dengan saat ini. Ketika saat ini Anda bergabung dengan tim perangkat lunak, tidak usah menceritakan prestasi sebagai top sales di masa lampau. Prinsipnya, percaya diri, rendah hati, dan bersemangat tinggi.


Catatan: Tulisan ini diinspirasi dari artikel “A simple way to introduce yourself” karya Andrea Wojnicki, MBA, DBA, dalam HBR.Org. dihttps://hbr.org/2022/08/a-simple-way-to-introduce-yourself
Photo by istockphoto.com

Please Login to Comment.

Need Help? Chat with us