Emerging Leader: Mekar Cepat Pemimpin Baru

E-MAGAZINE MANAJEMEN ED JULI 2021

Ketika berbicara pergantian kepemimpinan secara mulus, secara spontan pikiran kita melompat ke Ram Charan dengan konsep leadership pipeline-nya. Menurut Ram Charan, keberlanjutan bisnis suatu perusahaan ditentukan oleh lancarnya pergantian pemimpin, mulai dari level bawah sampai atas. Ram Charan termasuk penganut promotion from within yang fanatik sehingga dia seleksi orang terbaik harus berjalan secara teratur dari orang-orang dalam. Pemimpin diseleksi melalui saluran talent management sehingga terpilih orang terbaik di semua level. Namun konsep mengalir perlahan sekarang dipertanyakan, terutama di perusahaan-perusahaan Indonesia. Krisis ekonomi tahun 1998 ternyata membuat banyak perusahaan tidak melakukan perekrutan karyawan hingga tahun 2000-an, yang menyebabkan terjadi kesenjangan kepemimpinan yang cukup lebar pada beberapa tahun belakangan ini. Para pemimpin tua yang berpengalaman itu sudah pensiun, tetapi penggantinya belum ‘matang’.  

Emerging Leader: Mekar Cepat Pemimpin Baru
Daftar Isi Edisi Juli 2021

Tidak ada pilihan lain bagi perusahaan untuk mengakselerasi kompetensi dan kapabilitas calon pemimpin baru. Calon pemimpin baru yang memiliki talenta super ini, dikenal sebagai emerging leader. Siapa sebenarnya emerging leader. Mereka adalah sekelompok manajer madya yang secara konsisten menghasilkan produktivitas dan menghasilkan kinerja yang lebih baik dibandingkan rekan-rekannya sehingga bisa dianggap sebagai subject matter expert. Merekalah yang bisa diakselerasi melalui sistem pembelajaran tertentu sehingga dalam waktu 5 tahun mendatang sudah bisa menjadi direktur atau CEO.

Manajmen edisi kali ini menghadirkan mengenai pengertian emerging leader ini. Pada fokus utama, kami “Mengembangkan pemimpin fasih masa depan”, yaitu bagaimana mengembangkan emerging leader agar benar-benar unggul di masa depan. Kami juga menyampaikan gagasan mengembangkan pemimpin masa depan berbasis kearifan lokal dalam artikel “Indigenous emerging leader di era megatrend Asia”. Lalu bagaimana metode mengembangakan emerging leader ini, dalam rubrik fokus kami ajak Anda untuk melihat model pengembangan yang dirancang oleh PPM Manajemen, “Emerging leaders development program: Metode organisasi menyiapkan pemimpin masa depan secara efektif dan efisien.”

Pada rubrik tetap Model Bisnis kali ini agak istimewa karena ada artikel “Model bisnis ekosistem” yang mengajak Anda untuk melihat model bisnis secara berbeda dari kerangka pada umumnya. Rubrik tetap lainnya seperti Etika dan Kolom semua mengajak Anda untuk melihat masa depan dan menyiapkan pemimpinnya.

Salam sehat dan sukses selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us