Pembuatan Keputusan dalam Setiap Situasi

Pembuatan Keputusan dalam Setiap Situasi

Kualitas kepemimpinan seseorang dapat diukur dari kemampuannya membuat keputusan. Perannya sebagai pemimpin juga mengharuskannya membangun sistem pembuatan keputusan yang efektif dan efisien. Kemampuan ini menjadi semakin vital ketika organisasi sedang menghadapi krisis dan perubahan mendasar, seperti dampak pandemi Covid-19 ini. Meskipun tanda-tanda meredanya pandemi ini sudah tampak, situasi ‘normal baru’ bagi banyak organisasi masih belum menentu.

Majalah Manajemen kali ini hadir dengan membekali para pemimpin dengan konsep, teknik, serta contoh pembuatan keputusan dalam organisasi, baik secara individu maupun kelompok. Pada rubrik Fokus Utama, kami menyajikan karya klasik David J. Snowden dan Mary E. Boone, berupa kerangka pengambilan keputusan untuk pemimpin yang dikenal sebagai Cynefin Framework. Dengan kerangka ini, pemimpin memiliki pegangan untuk membuat keputusan dalam lingkungan sederhana, rumit, kompleks, dan kacau. Selain itu, kami juga menyajikan karya klasik dari Kepner dan Tregoe dalam buku The Rational Manager, yaitu pedoman pengambilan keputusan sistematis.

Pembuatan Keputusan dalam Setiap Situasi
Daftar Isi Edisi Maret 2021

Pada rubrik Fokus, pembaca dapat melihat praktik pembuatan keputusan yang berkualitas dan berkecapatan tinggi. Jeff Bezos akan membagikan prinsip-prinsip tersebut pada Rubrik Fokus, “Belajar dari Amazon: Membuat Keputusan Berkecepatan dan Berkualitas Tinggi”. Pembaca juga dapat belajar dari Netflix, bagaimana memberdayakan para karyawannya untuk membuat keputusan dengan judgment yang baik.

Seperti pada edisi sebelumnya, kami hadir dengan rubrik-rubrik tetap seperti, Kolom, Dewan, Ringkasan Buku, Ruang Direksi, dan Model Bisnis. Semua rubrik menyuguhkan tips and tricks membuat keputusan dalam situasi tidak menentu.

Akhirnya, selamat membaca, semoga bermanfaat. Salam sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us