Menyelaraskan Inovasi Taktis dan Strategis

E-MAJALAH EDISI FEBRUARI 2021

Seperti krisis pada umumnya, pandemi Covid-19 selain menghadirkan sejumlah tantangan, juga mendatangkan banyak peluang. Salah satunya adalah peluang untuk berinovasi. Seperti disampaikan oleh artikel “Pelajaran dari Krisis untuk Inovasi” dalam edisi Manajemen kali ini, pandemi Covid-19 memaksa semua organisasi untuk secara cepat berubah, baik untuk mempertahankan kelanjutan bisnis, atau menangkap peluang baru.

Contoh dari inovasi untuk mempertahankan bisnis dilakukan oleh lembaga pendidikan dan pelatihan. PPM Manajemen misalnya, hanya dalam satu bulan mampu mengkonversi banyak pelatihan publik maupun inhouse, dari berbasis tatap muka di kelas menjadi pelatihan secara online. Dengan inovasi ini, PPM Manajemen terus melayani kebutuhan pelatihan dari berbagai perusahaan dan organisasi. Contoh inovasi untuk memanfaatkan peluang munculnya kebutuhan baru dilakukan oleh perusahaan makanan dan minuman. Mereka membuat produk-produk baru dengan memasukkan unsur kesehatan.

Menyelaraskan Inovasi Taktis dan Strategis
Daftar Isi Edisi Februari 2021

Hampir semua perusahaan berinovasi untuk menyesuaikan dengan kondisi baru, baik untuk bertahan hidup maupun untuk mendorong pertumbuhan. Pertanyaannya adalah ketika disibukkan dengan inovasi taktis jangka pendek, apakah kita menghentikan inovasi strategis jangka panjang? Bukankah inovasi jangka panjang justru menjadi basis keunggulan daya saing di masa depan? Bagaimana memadukan inovasi taktis dengan inovasi strategis? Majalah Manajemen edisi 2 tahun 2021 hadir untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Dalam artikel “Mengapa Inovasi di Masa Pandemi Cukup Berorientasi Jangka Pendek?”, Aries Heru Prasetyo memberikan resep sukses melakukan inovasi taktis di masa krisis. Tulisan ini dilengkapi oleh Hera Laxmi Devi Septiani yang memaparkan inovasi pemasaran di masa krisis. Untuk memperoleh gambaran yang utuh dan besar mengenai inovasi, baik inovasi berjangka pendek maupun jangka panjang, patut disimak karya Riza Aryanto: “Strategi Berinovasi sebagai Dasar dalam Menciptakan Keunggulan Daya Saing”.

Untuk mengetahui praktik nyata inovasi taktis dan strategis, kami sajikan dua artikel dalam Fokus, yaitu “Praktik Inovasi Hotel dan Restoran: Menyelamatkan Diri dari Pandemi”, dan “Tesla: Disruptive atau Sustaining Innovation?”. Di luar itu, pembaca dapat menikmati artikel di rubrik tetap seperti Ringkasan Buku mengenai kisah Netflix, inovasi model startup, dan yang lainnya. Akhirnya, semoga sajian kami bermanfaat.

Selamat membaca, dan tetap inovatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us