Ternyata Kita Bisa Belajar Dimana Saja

Ternyata Kita Bisa Belajar Dimana Saja

Gara-gara Covid-19, kita menjadi tahu bahwa bekerja tidak harus datang ke kantor. Karena mencegah penularan Covid dapat dilakukan dengan cara mengurangi interaksi fisik, orang mengisolasi diri di rumah, dan bekerja dari rumah. Sebenarnya bekerja tanpa datang ke kantor, bukan fenomena baru. Pada tahun 2019, muncul kelompok pekerja gaya baru yang disebut sebagai digital nomaden.

Mereka merupakan freelancer yang bekerja tanpa terikat oleh tempat waktu. Mereka berpindah-pindah lokasi, biasanya di tempat-tempat wisata, sehingga disebut nomaden. Mengapa pakai kata digital? Karena kerja mereka sangat tergantung pada perangkat digital. Profesi yang digandrungi oleh para digital nomaden adalah desainer, programmer, dan penulis.

Ternyata Kita Bisa Belajar Dimana Saja
Daftar Isi Edisi November 2020

Ketika Covid-19 melanda dunia, kita dipaksa untuk bekerja jauh (dari kantor). Dan ternyata bisa. Banyak yang tidak menduga bahwa bekerja dari rumah juga efektif dan produktif. Dalam Manajemen edisi ini, kita akan belajar dari DHL Supply Chain Indonesia mengenai cara mengelola karyawan yang bekerja di rumahnya masing-masing . Lalu bagaimana dengan perusahaan yang sifat bisnisnya memang tidak bisa dikerjakan di rumah? Elisa Lumbantoruan, Direktur Utama Grup ISS menjelaskan cara menjaga karyawan tetap aman dan nyaman bekerja di ‘sarang Covid-19’.

Covid-19 juga memicu kreativitas perusahaan dalam menyelenggarakan kegiatan pengembangan SDM mereka. Pembaca bisa mengikuti cara United Tractors mengembangkan pembelajaran gaya baru, untuk mengakomodasi situasi akibat Covid-19 juga untuk ‘melayani’ kaum milenial.

Selain pengalaman dari tiga perusahaan terkemuka, melalui Manajemen edisi ini, pembaca dapat mempelajari konsep bekerja dari mana saja. Ada juga tulisan Andi Ilham Said mengenai memimpin jarak jauh. Seperti biasanya, kali ini Ningky Sasanty Munir juga menyajikan ringkasan buku terbaru “Pivot Strategy”.

Akhirnya, kami berharap artikel yang kami haturkan dapat bermanfaat bagi pembaca untuk memasuki the next normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us