MANAJEMEN KRISIS : BANGKIT MEMASUKI NORMAL BARU

Mengelola Krisis

Penyebaran Covid-19 keluar dari Cina, dan menumbuhkan pusat-pusat sebaran baru di lima benua, menjadi mimpi buruk bagi semua kalangan, termasuk kalangan bisnis. Sifat penularannya melalui interaksi manusia membuat social distancing (ada yang menyebutnya physical distancing) dianggap sebagai satu-satunya cara paling ampuh untuk memutus rantai penyebaran virus itu.

Bagi bisnis, dampaknya langsung nyata: pasokan bahan mentah terhenti, operasi pabrik melambat, barang jadi menumpuk, pendapatan anjlok, arus kas mengecil, dan selanjutnya dan selanjutnya. Pendek kata, semua perusahaan memasuki masa krisis. Dalam masa krisis, apa lagi yang bisa dikeluarkan selain jurus manajemen krisis. Bagi kalangan usaha Indonesia sendiri, krisis bukanlah sesuatu yang baru. Pada tahun 1998, Indonesia mengalami krisis moneter yang membuat dunia usaha terpuruk. Meskipun sumbernya berbeda, dampaknya tetap sama: roda usaha melambat, bahkan terhenti.

Daftar isi Majalah Manajemen ed. April 2020

Untukmembantu eksekutif memahami dan mengelola krisis yang melanda organisasinya, Majalah Manajemen edisi kali ini hadir dengan tema manajemen krisis. Konsep-konsep mengenai manajemen krisis mutakhir kami sajikan ada Fokus Utama: “Covid-19 dan Manajemen Krisis” dan “Angsa Hitam”. Mengenai contoh penerapannya kami hadirkan dalam rubrik Fokus: “Organisasi Tangguh dalam Pandemi”, “Mengambil Keputusan dalam Masa Krisis”, dan “Cara Alibaba Melewati Krisis SARS”.  Kumpulan artikel yang merupakan hasil riset ini diharapkan dapat membantu pembaca melewati masa-masa sulit menyelamatkan perusahaan.

Rubrik lain kami tetap menghadirkan tema terkait krisis. Pada rubrik Ruang Direksi kami hadirkan cara mengelola krisis. Pada rubrik Inovasi kami hadirkan kisah Zoom Enterprise yang berhasil menangguk untung besar di masa sebaran pandemi ini. Namun untuk tidak terlena dalam persoalan jangka pendek, pada rubrik Teknologi pembaca untuk melihat masa depan model bisnis yang paling diyakini memberi nilai tinggi bagi perusahaan: “Masa Depan Bisnis Platform”.

Akhirnya, pesan kami: jaga kesehatan, tetap kreatif, dan semangat.

Salam,

Ramelan

Pemimpin Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Warning: file_put_contents(/home/majn3576/public_html/wp-content/uploads/wpdm-cache/session-9f9e1912fa4c9954119fb168983ee863.txt): failed to open stream: Disk quota exceeded in /home/majn3576/public_html/wp-content/plugins/download-manager/libs/class.Session.php on line 75