TRANSFORMASI DIGITAL ADALAH TRANSFORMASI MANUSIA

Saat ini, perusahaan-perusahaan berbasis teknologi menjadi pemimpin hampir di semua industri, mulai dari manufaktur hingga jasa. Kemajuan mereka bahkan mengubah lanskap persaingan serta merombak model bisnis dan cara kerja yang sudah mapan.

Disrupsi model bisnis paling nyata terjadi pada industri transportasi, jasa keuangan ritel, media, dan hospitality. Kelihatannya industri lain tidak bisa harus menyusul perubahan ini secara masif, seperti industri pembelajaran/pendidikan dan logistik.

Daftar Isi

Perubahan yang begitu cepat membuat banyak organisasi tergagap-gagap. Mereka buru-buru mempelajari teknologi dan membelinya. Pandangan yang keliru seolah teknologi adalah kunci keberhasilan dari transformasi digital. Pandangan yang juga keliru adalah teknologi dianggap sebagai ‘dewa’ yang dapat memecahkan semua masalah.

Dalam banyak kasus, transformasi digital akan berhasil apabila insan dalam organisasi memiliki digital mindset. Penelitian yang dilakukan Center for Human Capital Development (CHCD) PPM Manajemen menunjukkan bahwa pola pikir digital ditentukan oleh growth mindset.

Dalam edisi kali ini, kita akan belajar dari ahli, seperti Rudiantara dan Maharsi Anindyajati, serta praktisi dari perusahaan-perusahaan terkemuka, seperti Bank BRI, OVO, dan Blue Bird.

Dalam model bisnis, kami menghadirkan Blue Bird, bagaimana bisa berjaya dengan mengadaptasi model bisnisnya setelah terkena disrupsi taksi online. Dan jangan lewatkan pula studi kasus “Laporan Palsu”.

Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *