TRANSFORMASI DIGITAL: HARUS CEPAT, TETAPI CERMAT

Disrupsi teknologi digital telah menjadi sumber hiruk-pikuk dunia bisnis sejak lima tahun lalu, dan kehebohan itu berlanjut dengan isu bagaimana perusahaan harus meresponsnya. Transformasi digital menjadi jawaban paling umum bagi banyak perusahaan. Namun demikian, sampai saat ini, paling tidak di Indonesia, kita belum menemukan gambaran seperti apa transformasi digital berlangsung di perusahaan.

Ada anggapan bahwa transformasi digital sekadar mengubah proses manual menjadi otomatis. Pada saat yang sama, muncul juga anggapan bahwa transformasi digital berarti model bisnisnya berubah total. Berdasarkan kajian Manajemen terhadap berbagai studi kasus, kami menemukan sebagian besar hanya berubah prosesnya untuk menyesuaikan dengan tuntutan pelanggan. Memang, ada perubahan mendasar sampai ke model bisnis, tetapi terjadi pada perusahaan baru yang lahir sebagai perusahaan digital.

Daftar Isi

Brett King, dalam Bank 4.0, misalnya mengatakan bahwa fungsi bank tidaklah berubah, yaitu menyimpan nilai uang, mentransfer uang, dan akses kredit. Perubahan terjadi akibat perilaku pelanggan yang sekarang tergila-gila dengan smartphone. Bank harus mengubah model layanannya, tidak berbasis cabang, tetapi berbasis mobile. Pembaca bisa mengikuti pemikiran King pada rubrik Ringkasan Buku.

Demikian pula, dalam Rubrik Wawancara, kami kembali menunjukkan bahwa teknologi digital lebih bersifat sebagai enabler untuk menjalankan fungsi bisnis. Anda akan kami pertemukan dengan M. Kuncoro Wibowo, President Director BGR Logistics yang sedang gencar melakukan transformasi digital untuk membangkitkan perusahaan ini.

Dalam Ruang Direksi, kami memberikan penjelasan bahwa kepemimpinan digital tidak seluruhnya berbeda dengan kepemimpian konvensional. Yang lama tidak seluruhnya kita tinggalkan demi digital ini. Untuk mengetahui bagamana melakukan transformasi digital, pada rubrik Fokus kami hadirkan konsep lengkap mengenai domain transformasi digital. Kami juga menyajikan contoh praktik pada industri dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *