Agar Digitalisasi Tidak Membawa Bencana

Gelombang transformasi digital sepertinya tidak bisa dihindari oleh siapa pun, termasuk perusahaan-perusahaan yang konvensional sekalipun. Beberapa perusahaan begitu terpesona dengan hadirnya big data, analytics, blockchain, machine learning, dan sebagainya. Mereka begitu meyakini teknologi digital akan membawa berkah besar. Beberapa perusahaan lainnya terburu-buru mengadopsi teknologi digital karena takut digilas oleh pesaing yang telah mengambilnya terlebih dahulu.

Daftar Isi Edisi Juli 2019

Namun, teknologi adalah pedang bermata dua. Pada satu membawa berkah, pada ujung lain menyertakan musibah. Itulah sebabnya, perusahaan harus menyiapkan manajemen risiko pemanfaatan teknologi informasi, teknologi digital. Harapannya perusahaan dapat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menangkap peluang, dan pada saat yang sama menekan munculnya risiko.

Pada rubrik fokus utama, tulisan Aries Heru Prastetyo memberi wawasan bahwa manajemen risiko dalam era digital harus dikolaborasikan dengan manajemen pengetahuan (knowledge management atau KM). Tulisan ini mengingatkan bahwa data dan informasi memainkan peran vital dalam era digital. Pengabungan antara KM dengan manajemen risiko memastikan tersedianya manajemen risiko yang solid dan selaras dengan kebutuhan.

Sementara itu, Bramantyo Djohanputro memberikan konsep komprehensif manajemen risiko bagi perusahaan yang melakukan transformasi digital. Kegagalan transformasi, demikian menurut Bramantyo, bukanlah karena adopsi teknologinya, tetapi disebabkan ketidakmampuan mengembangkan budaya baru yang selaras teknologi digital itu. Bagi perusahaan yang melakukan transformasi digital juga perlu membaca rubrik teknologi berjudul “Transformasi digital tidak harus disruptif”. Kebanyakan manajer berasumsi bahwa transformasi digital berarti merombak total model bisnis dan mengganti proposisi nilai. Menurut penelitian Nathan Furr dan Andrew Shipilov, kebanyakan transformasi digital yang sukses berjalan secara incremental, menggunakan teknologi digital untuk menangkap peluang, dengan melayani pelanggan secara lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *