Menyambut Kehadiran Gen Z

Generasi Z atau generasi pascamilenial adalah kelompok manusia termuda di dunia saat ini. Para ahli demografi mengidentifikasinya sebagai mereka yang lahir antara tahun 1995 hingga 2010. Menurut survei yang dilaksanakan oleh McKinsey, pada tahun 2019 jumlah Gen Z mencapai 32% dari 7,7 miliar total penduduk dunia. Jumlah ini melampaui total generasi pendahulunya, si Milenial (Gen Y), sebanyak 31,5%. Sementara itu, Tirto.id menyebut pada 2010 jumlah Gen Z lebih dari 68 juta, hampir dua kali lipat jumlah Gen X.

Tentu, angka-angka itu ada implikasinya dalam arena bisnis dan manajemen. Ada dua fungsi yang paling berkepentingan terhadap Gen Z ini. yaitu fungsi pemasaran dan human capital. Fungsi pemasaran harus mencermati cara berpikir dan perilaku Gen Z untuk menciptakan produk atau jasa yang sesuai dengan preferensi mereka, termasuk cara mempromosikan dan menyampaikannya.

Sementara itu, fungsi human capital berkepentingan untuk memahami cara merekrut, mengembangkan, dan ‘mengikat’ mereka. Sebenarnya semua manajer perlu memahami karakter Gen Z ini karena mereka harus mengelolanya untuk mencapai tujuan perusahaan.

Untuk memahami karakter Gen Z di Indonesia, Manajemen menghadirkan tulisan Siti Nuraisyah Suwanda berjudul “Mengenal Gen Z Global dan Lokal”. Untuk melengkapinya, dalam rubrik Fokus Utama, kami juga memuat hasil survei McKinsey dalam tulisan “Menyambut Kehadiran Gen Z”. Sedangkan untuk panduan praktisnya, kami hadirkan tulisan mengenai dampak Gen Z terhadap industri busana (fashion).

Sebaiknya pembaca jangan melewatkan tulisan-tulisan pada berbagai rubrik tetap. Pada rubrik kolom, pembaca diajak menyimak kembali karakter Gen Y yang sekarang mulai menguasai dunia kerja dalam tulisan Aries Heru Prasetiyo “Gen Y, Internet, dan Digital Economy”. Pada rubrik Ruang Direksi pembaca dapat menikmati tulisan “Pemimpin Sebagai Arsitek Keputusan”. Bagaimana peran pimpinan untuk mengarahkan agar semua staf dapat membuat keputusan secara lebih baik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *