Big Data

Semua organisasi, tanpa terkecuali, sedang menuju, atau sudah, bekerja menggunakan teknologi digital. Melalui otomatisasi proses bisnis, teknologi digital menawarkan kemudahan-kemudahan dan efisiensi kerja. Namun, ternyata otomatisasi ini juga menghasilkan ‘produk samping’ yang memiliki manfaat lebih besar lagi, yaitu data. Teknologi digital dapat mencatat dan mendokumentasikan setiap proses yang dijalankan dengan amat baik. Dokumentasi proses inilah yang kemudian menciptakan data. 

Dengan konektivitas yang meluas, data yang dihasilkan proses digital menjadi sangat besar yang dikenal sebagai Big Data. Para ahli memperkirakan setiap hari kita menghasilkan 2,5 quintilion byte dataAngka ini terus membesar bersamaan dengan pertumbuhan internet of things. Namun, untuk apa data sebesar itu?

Perusahaan terkemuka di seluruh dunia telah memanfaatkan Big Data sebagai salah satu keunggulan kompetitif. Mereka umumnya memanfaatkan untuk mengembangkan bisnis, menciptakan produk/jasa baru, meningkatkan produk/jasa, dan meningkatkan pelayanan pelanggan. LinkedIn misalnya, telah memanfaatkan Big Data untuk mengembangkan layanan People You May Know. Netflix memanfaatkan Big Data untuk membuat rekomendasi film-film bagi pelanggan mereka di seluruh dunia. Sudah jelas, Google memanfaatkan Big Data untuk meningkatkan kinerja search engine-nya. 

Dalam majalah Manajemen kali ini, pembaca diajak memahami pengertian dan manfaat Big Data melalui tulisan redaktur kami berjudul “Big Data: Apa dan Mengapa Penting?” Untuk melengkapinya, kami hadirkan tulisan “Strategi Data” dan tulisan Aries Heru Prasetyo, “Memahami Seluk Beluk Big Data”. Untuk melihat praktik penerapannya kami sajikan contoh penggunaan Big Data di perusahaan jasa pembayaran dan industri asuransi. 

Dalam rubrik Etika, kami hadirkan tulisan “Big Data Menuntut Tanggung Jawab Besar”. Sementara itu, Sukono Soebekti tetap hadir dalam rubrik Model Bisnis dengan membawakan artikel mengenai Gen Z, generasi yang mulai memasuki dunia kerja. Tidak lupa, pada rubrik Riset kami menyajikan gambaran karakter konsumen Indonesia, yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi para pemasar.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *